Tips Sukses Bisnis Toko Online

oleh pada Selasa, 10 September 2013
Tips Sukses Bisnis Toko Online Bandung
Tips Sukses Bisnis Toko Online
Tips Sukses Bisnis Toko Online. Jaman sekarang sudah memasuki jaman digital. Jika dahulu orang hanya bertransaksi jual beli melalui ketemuan langsung, saat ini sudah bisa melalui internet, alias tidak perlu bertatap muka. Karena kemudahan dan tingkat kepercayaan tinggi pada transaksi online, membuat banyak orang berlomba - lomba untuk menjual produk di internet. Nah bagi Anda yang tertarik menjual produk secara online, ketahui tipsnya agar Anda lebih cepat sukses dalam membuka toko online.

1. Anda harus punya website / blog atau akun situs buat jualan.
Saat ini ada banyak jasa layanan pembuatan website toko online. Tentukan jasa layanan yang sesuai dengan budjet dan kebutuhan Anda selama nantinya menjalankan toko online. Bagi Anda yang bergairah mempelajari cara membuat website / blog, ada banyak sekali tutorialnya di internet. Cari saja di google. Jika nantinya Anda sudah mahir membuat website / blog, maka biaya pembuatan website / blog yang biasanya tergolong sangat mahal bisa Anda pangkas, karena Anda hanya perlu menyewa domain dan hosting. Jika Anda tidak mau membuat website, Anda masih bisa sukses menjual barang di internet dengan cara membuat akun di sebuah situs penjualan seperti toko bagus, kaskus, facebook, twitter, pelapak dan beragam situs pasang iklan gratis lainnya. Yang perlu Anda lakukan adalah rajin berpromosi agar dagangan Anda banyak dilihat oleh orang lain.

2. Pentingnya SEO dan membangun komunitas
SEO penting dalam rangka membuat produk kita semakin mudah diindeks mesin pencari, bahkan menempatkan di halaman pertama hasil pencarian. Ada beragam teknik SEO yang tersebar di internet, namun inti yang harus dipegang adalah kualitas artikel yang membuat orang membacanya segera memahami maksudnya dan backlink yang melebihi atas pesaingnya.

Membangun komunitas seperti di fanspage facebook dan twitter sangat penting dalam menjaga pelanggan lama tetap setia dengan produk kita. Selain itu, semakin tinggi jumlah follower semakin tinggi pula tingkat kepercayaan masyarakat pada produk tersebut.

3. Produk yang Anda jual cocok dijual di Internet
Tidak semua produk yang kita lihat di pasaran bakal laku juga jika dijual di internet. Tugas Anda adalah memprediksi apakah produk tersebut bakal laku di internet. Bagaimana caraya? dengan cara search di google, jika produk dengan merk atau jenis produk banyak ditemukan di hasil pencarian google, itu artinya produk tersebut diminati dan laris jika di jual di internet. Tapi jika tidak, maka dibutuhkan usaha keras, dan promosi yang tidak singkat agar jualan laris.

4. Alamat lengkap penjual
Transaksi internet sejatinya adalah transaksi kepercayaan. Dalam artian begitu seseorang pembeli transfer uang, dia menaruh harapan tinggi bahwa penjual akan melakukan pengiriman sesuai barang yang dipesan. Nah disinilah fungsi alamat lengkap penjual di dunia nyata sangat penting dalam rangka meningkatkan kepercayaan tinggi pembelinya. Jika jualan Anda mau sukses, tunjukkan jati diri Anda dengan menginformasikan alamat lengkap di website Anda.

5. Memiliki beberapa rekening bank
Fungsi utama dari memiliki beberapa rekening bank adalah memberikan banyak pilihan pembayaran buat calon pembeli. Jangan sampai mereka transfer ke rekening antar bank karena yang menanggung beban transfer antar bank adalah mereka. Tidak mau bukan Anda sebagai penjual online mengecewakan pembeli Anda?

6. Biaya Promosi
Sejatinya bisnis di internet adalah PROMOSI. Semakin produk dikenali maka semakin besar peluang terjadinya transaksi. Oleh karena siapkan biaya promosi ini dengan menggunakan Google Adwords, PPC, Pemasangan banner advertise di blog - blog yang memiliki trafik mengagumkan dan sebagainya.

7. Pelayanan yang terbaik, jujur dan cepat respon
Ingat, ada puluhan toko online yang menjadi pesaing Anda untuk produk sama yang Anda jual. Jika Anda mampu memberikan pelayanan maksimal tidak menutup kemungkinan mereka akan setia membeli kepada Anda. Berdasarkan pengalaman banyak orang segera beralih menuju toko online lainnya jika kita lama membalas pertanyaan mereka.

Terkait